Pasar Oleh-oleh Kakiyah berada di Kakiyah, Mekah, Arab Saudi..
Sumber :
  • viva/MCH 2022/Zaky Al Yamani

Diserbu Jamaah Haji, Pedagang di Pasar Kakiyah Mekkah Mahir Bahasa Indonesia

Kamis, 14 Juli 2022 - 20:20 WIB

Jakarta - Usai menjalankan ibadah haji, tak sedikit jamaah haji asal Indonesia menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh yang akan di bawah ke Tanah Air di Pasar Kakiyah, Mekkah, Arab Saudi.

Pasar yang berada di Mekkah, Arab Saudi ini, memiliki empat lantai yag berisi ratusan toko. Di pasar ini dijual beraneka ragam pernak-pernik khas Mekah. Cocok buat para jemaah yang mencari oleh-oleh.

Tidak hanya itu, di pasar ini juga banyak dijajakan pakaian muslim dan perlengkapan sholat. Beragam jenis kurma dan kudapan khas Arab juga dijajakan di sini. Tawar menawar pun hal yang lumrah di sini.

Meski sebagian besar pedagang yang menjajakan jualan adalah warga lokal, namun warga Indonesia jangan kawatir. Tidak perlu mahir berbahasa Arab untuk berbelanja di sini, karena sebagian besar pedagang di sini mengetahui beberapa kosakata bahasa Indonesia dan Inggris.

Alhasil, transaksi bisa dilakukan tanpa bantuan penerjemah. "Satu (barang), tiga real... dua, lima real," kata penjual warga Arab menjajakan dagangannya kepada pengunjung Indonesia yang melintas di depan tokonya.

Tidak sedikit pula pedagang yang menyebutkan sejumlah tokoh Indonesia untuk menarik pengunjung Indonesia berkenan mampir ke tokonya. "Jokowi... Jokowi... Syahrini, apa kabar? Murah... Murah... Sini beli." Menurut WNI yang bermukim di Mekah, Nurhasan, pasar Kakiyah sendiri 'lebih hidup' sejak sore hingga malam hari. "Semakin malam, semakin ramai kalau di sini," kata Nurhasan. (viva/mii)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral