Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa.
Sumber :
  • Tim tvOne

Diduga Untuk Meminta Suaka, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa Melarikan Diri dari Negaranya ke Singapura

Jumat, 15 Juli 2022 - 06:12 WIB

Singapura - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa kabur dari negerinya. Dia meninggalkan Sri Lanka menuju Singapura pada Kamis (14/7/2022) dan dikabarkan meminta suaka.

Gotabaya Rajapaksa yang terbang dari Maldives (Maladewa) menggunakan pesawat Saudi Airlines tiba di Singapura pada Kamis (14/7/2022) sore. Media Singapura The Straits Times mengabarkan Rajapaksa telah menandatangani surat pengunduran diri dari jabatan presiden Sri Lanka.

Selanjutnya, mantan tentara itu mengirimkan suratnya melalui email kepada Ketua Parlemen Sri Lanka Mahinda Yapa Abeywardena. Adapun surat asli pengunduran diri Rajapaksa akan diterbangkan sesegera mungkin dari Singapura. Parlemen Sri Lanka pun akan memvalidasi surat tersebut, lalu mengumumkan pengunduran diri presiden yang dilantik pada 18 November 2019 itu.

Gotabaya Rajapaksa memilih kabur ke mancanegara karena karena krisis dan protes yang meluas di negerinya. Ribuan rakyat Sri Lanka menyerbu istana kepresidenan di Kolombo, lalu menikmati berbagai fasilitas di dalamnya. Kementerian Luar Negeri Singapura mengizinkan Rajapaksa memasuki negeri pulau itu untuk kunjungan pribadi. (ade)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral