Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.
Sumber :
  • Viva

Terungkap Jalin Kerjasama dengan Rusia, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky Pecat Kepala Keamanan dan Jaksa Agung

Senin, 18 Juli 2022 - 05:58 WIB

Ukraina - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengeluarkan perintah eksekutif untuk memecat kepala badan keamanan domestik dan jaksa agung. Pemecatan ini dilakukan karena terungkap adanya kerjasama dengan Rusia.

Dilansir Reuters, Senin (18/7/2022) perintah pemecatan Kepala SBU Ivan Bakanov, dan Jaksa Agung Iryna Venediktova oleh Presiden Volodymyr ini dipublikasikan di situs resmi presiden.
Ivan Bakanov diketahui merupakan teman masa kecil Zelensky. Sementara Iryna Venediktova, merupakan orang yang memimpin upaya untuk menuntut kejahatan perang Rusia di Ukraina.

Sementara itu dalam posting Telegram terpisah, Zelensky mengatakan dia telah memecat pejabat tinggi tersebut karena banyak kasus terungkap dari anggota agensi mereka yang bekerja sama dengan Rusia.

Dia mengatakan 651 kasus pengkhianatan dan kolaborasi telah dibuka terhadap pejabat kejaksaan dan penegak hukum. Selain itu lebih dari 60 pejabat dari badan-badan Bakanov dan Venediktova sekarang bekerja melawan Ukraina di wilayah-wilayah yang diduduki Rusia.

"Serangkaian kejahatan terhadap fondasi keamanan nasional negara seperti itu ... menimbulkan pertanyaan yang sangat serius bagi para pemimpin terkait," kata Zelensky.

"Masing-masing pertanyaan ini akan mendapat jawaban yang tepat," katanya.

Selain itu, dalam perintah eksekutif terpisah yang juga dipublikasikan di situs presiden disebutkan Zelensky menunjuk Oleksiy Symonenko sebagai Jaksa Agung baru.

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral