pasukan taliban di Kabul.
Sumber :
  • Reuters

Taliban dan Pasukan Oposisi Kembali Bertempur di Lembah Panjshir

Sabtu, 4 September 2021 - 22:17 WIB

Taliban dan pasukan oposisi saat ini bertempur untuk menentukan siapa yang akan mengambil alih Lembah Panjshir di wilayah utara Kabul, Afghanistan. Lembah Panjshir ini merupakan provinsi terakhir di Afghanistan yang masih bertahan dari gempuran Taliban yang sudah menguasai seluruh negara.

Hingga kini belum jelas siapa yang muncul sebagai pemenang dan penguasa wilayah tersebut. Sumber internal dari Taliban, menurut Reuters, mengatakan bahwa pihaknya sudah berhasil merebut Lembah Panjshir. Walau begitu pihak oposisi membantahnya.

Front Perlawanan Nasional Afghanistan yang dikomandoi Ahmad Massoud mengatakan pasukan Taliban memang sempat mencapai dataran tinggi Darband di perbatasan Panjshir namun berhasil dipukul mundur.

Lembah Panjshir memiliki nilai strategis karena kontur geografisnya dilindungi gunung dan hanya menyisakaan sedikit bukaan seperti benteng alami. Panjshir juga merupakan lokasi bersejarah karena pasukan mujahidin yang menempati wilayah tersebut berhasil menghalau pasukan Soviet yang hendak menguasai Afghanistan. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral