Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah), Presiden Iran Ebrahim Raisi (kanan) dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menghadiri pembicaraan di istana Saadabad, di Teheran, Iran, Iran, Selasa, 19 Juli 2022..
Sumber :
  • aptn

Iran Mendukung Langkah Rusia Atas Ukraina dan Kesepakatan Ekspor Gandum Ukraina Tercapai

Rabu, 20 Juli 2022 - 10:49 WIB

Teheran, Iran - Pemimpin tertinggi Iran Ali Khamenei mendukung langkah yang diambil Rusia di Ukraina. Ali Khamenei juga mengatakan bahwa Rusia merupakan negara yang "independen dan kuat".

Khamenei mengatakan bahwa jika Rusia tidak mengirim pasukan ke Ukraina, Rusia akan menghadapi serangan dari NATO nanti. Pernyataan dari Khamenei ini mencerminkan adanya hubungan yang semakin dekat antara Moskow dan Teheran.

“Jika jalan akan terbuka untuk NATO, itu tidak akan mengenal batas dan batas apa pun,” kata Khamenei kepada Putin.

Jika Moskow tidak bertindak lebih dulu, tambahnya, aliansi Barat “akan mengobarkan perang” untuk mengembalikan Semenanjung Krimea yang direbut Rusia dari Ukraina pada 2014 kembali ke kendali Kyiv.

Hanya dalam perjalanan keduanya ke luar negeri sejak Rusia melancarkan aksi militer pada Februari, Putin berunding dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tentang konflik di Suriah, dan dia menggunakan perjalanan itu untuk membahas proposal yang didukung PBB untuk melanjutkan ekspor gandum Ukraina untuk meringankan krisis pangan global.

Turki, anggota NATO, telah berhadapan dengan Rusia dalam konflik berdarah di Suriah dan Libya. Turki bahkan telah menjual drone mematikan yang digunakan pasukan Ukraina untuk menyerang pasukan Rusia. Tetapi Ankara belum menjatuhkan sanksi pada Kremlin dan menjadikannya mitra yang sangat dibutuhkan Moskow. 

Bergulat dengan inflasi yang tak terkendali dan mata uang yang terdepresiasi dengan cepat sat ini, Turki juga bergantung pada pasar Rusia.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral