Dokumentasi - Sejumlah pesawat tempur dari kapal induk China Liaoning mengadakan latihan di sebuah wilayah di Laut China Selatan, Senin (2/1/2017)..
Sumber :
  • antara

USS Benford Melintas di Selat Taiwan, China Kirim Kapal Induk Shandong

Kamis, 21 Juli 2022 - 09:27 WIB

Beijing, China - Kapal perang Amerika Serikat USS Benfold melintas di perairan Selat Taiwan pada tanggal 19 Juli 2022 waktu setempat. Pergerakan ini langsung di respon oleh Tentara Pembebeasan China (PLA) dengan mengerahkan Kapal Induk Shandong

"Kapal kawal perusak rudal USS Benfold berlayar melalui Selat Taiwan pada 19 Juli, Komando Armada mengerahkan pasukan laut dan udara untuk melacak, memantau, dan mengawal kapal tersebut selama berlayar," kata juru bicara Komando Armada Timur PLA, Kolonel Senior Shi Yi, kepada pers, Rabu.

China akan terus bersiaga untuk menjaga kedaulatan, keamanan, perdamaian dan stabilitas nasional di kawasan tersebut. Shi Yi juga menganggap AS serng melakukan provokasi yang dapat menggangu perdamaian dan stabilitas keamanan di Selat Taiwan.

Sebelum melintasi Selat Taiwan, kapal AS tersebut berlayar di sekitar Kepulauan Xisha dan Kepulauan Nansha di perairan Laut China Selatan yang disengketakan oleh China dan beberapa negara di Asia Tenggara.

Kapal induk Shandong baru selesai menjalani perawatan berkala di dok Dalian, Provinsi Liaoning, pada awal bulan ini. Kapal induk kedua PLA itu kembali ke pangkalannya di Sanya, Provinsi Hainan, melalui Selat Taiwan.

PLA juga menggelar latihan rutin di perairan Laut China Selatan mulai Minggu (17/7) hingga Rabu (20/7). China mengecam rencana kunjungan Ketua Parlemen AS Nancy Pelosi ke Taiwan pada Agustus mendatang.(ant/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:01
00:52
01:49
01:18
14:22
10:10
Viral