Draupadi Murmu.
Sumber :
  • Twitter

Draupadi Murmu, Mantan Guru dari Etnis Minoritas yang Berhasil Menduduki Kursi Presiden India

Jumat, 22 Juli 2022 - 09:46 WIB

Jakarta - Draupadi Murmu resmi terpilih sebagai Presiden India dalam proses pemungutan suara Presiden, Kamis (21/7/2022).

Murmu yang bergabung ke dalam koalisi partai berkuasa yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi, berhasil mengalahkan lawannya mantan Menteri Keuangan Yashwant Sinha dengan perolehan suara lebih dari 50 persen.

Yang menarik dari terpilihnya Daupadi Murmu sebagai Presiden India adalah latar belakangnya.

Sebelum terjun ke politik, Murmu berprofesi sebagai guru sekolah di Sekolah Integral Sri Aurobindo. Memiliki jiwa sosialnya yang tinggi, Ia menolak menerima gaji sebagai guru karena sebagai bentuk pelayanan.

Hebatnya lagi Murmu telah mengumumkan untuk untuk menyumbangkan matanya dalam program Run of Vision yang diselenggarakan oleh Kashyap Medical College, Ranchi.

Sebelumnya, Partai Modi telah memproyeksikan Murmu sebagai pemimpin yang mewakili masyarakat adat yang miskin, yang biasanya kekurangan akses layanan kesehatan dan fasilitas pendidikan di desa-desa terpencil, seperti dikutp dari VOA Indpnesia.

Murmu yang saat ini berusia 64 tahun, berasal dari negara bagian Odisha di bagian timur dan sebelumnya menjabat gubernur negara bagian Jharkhand.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:40
03:35
01:05
01:25
09:22
02:07
Viral