Warga berkerumun di sebuah taman setelah gempa kuat melanda Bangued, provinsi Abra, Filipina Utara pada Rabu 27 Juli 2022..
Sumber :
  • Association Press

Gempa di Filipina Utara, 2 Orang Tewas dan Puluhan Terluka

Rabu, 27 Juli 2022 - 13:14 WIB

Manila, Filipina - Gempa kuat menewaskan sedikitnya dua orang dan melukai puluhan lainnya di Filipina utara pada Rabu, di mana gempa dengan kekuatan Magnitudo 7 telah memicu tanah longsor kecil, merusak sejumlah bangunan dan menimbulkan kepanikan warga.

Gempa berkekuatan Magnitudo 7 berpusat di provinsi Abra yang terkena dampak parah di daerah pegunungan, kata Renato Solidum, kepala Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina.

“Tanah bergetar seperti saya berada di ayunan dan lampu tiba-tiba padam. Kami bergegas keluar dari kantor, dan saya mendengar teriakan dan beberapa rekan saya menangis,” kata Michael Brillantes, petugas keamanan kota Abra, Lagangilang, dekat pusat gempa.

"Itu adalah gempa paling kuat yang pernah saya rasakan dan saya pikir tanah akan terbuka," kata Brillantes kepada The Associated Press melalui ponsel.

Seorang penduduk desa meninggal ketika dia terkena lempengan semen yang jatuh di rumahnya di Abra, di mana setidaknya 25 lainnya terluka dan sebagian besar dirawat di rumah sakit, kata para pejabat.

Seorang pekerja konstruksi tertimpa puing-puing dan meninggal di kota pegunungan La Trinidad di provinsi Benguet, di mana beberapa jalan ditutup oleh tanah longsor dan batu-batu besar. Lima orang terluka ketika batu dan puing menghantam SUV mereka dan sebuah truk di jalan lereng bukit di Provinsi Pegunungan dekat Benguet, kata para pejabat.

Banyak rumah dan bangunan yang temboknya retak, termasuk beberapa yang runtuh di Abra, di mana Presiden baru Ferdinand Marcos Jr., yang menjabat kurang dari sebulan lalu, berencana melakukan perjalanan untuk menemui para korban dan pejabat setempat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral