Ayman al-Zawahri..
Sumber :
  • Associated Press

Inilah Sosok Al-Zawahri. Ia Mulai Dikenal saat Sidang Pembunuhan Presiden Mesir Anwar Sadat Tahun 1981

Kamis, 4 Agustus 2022 - 11:31 WIB

Kairo, Mesir — Pemimpin Al-Qaeda Ayman al-Zawahri yang tewas dalam serangan pesawat nirawak AS di Kabul, Aghanistan, menjabat sebagai pemimpin Al-Qaeda setelah Osama bin Laden tewas dalam serangan pasukan AS di Pakistan 2011 lalu.

Al-Zawahri lahir 19 Juni 1951, dari keluarga dokter dan sarjana dari keluarga kelas menengah ke atas di pinggiran kota Kairo, Maadi.

Pada 1970-an, ia memperoleh gelar medisnya sebagai ahli bedah, Al-Zawahri juga berprofesi sebagai seorang dokter muda di sebuah klinik di Kairo, di sisi lain, ia juga mulai aktif di kalangan militan. 

Sejak usia dini, ia telah tertarik dengan tulisan-tulisan radikal Sayed Qutb, yang menyerukan penggulingan pemerintah Mesir. Ia lantas tertarik pada kelompok-kelompok radikal yang menyerukan penggulingan pemerintah Mesir. Ketika Jihad Islam Mesir didirikan pada 1973, ia ikut bergabung.

Perjalanannya ke Al-Qaeda berawal ketika seseorang datang dengan tawaran menggiurkan, yaitu kesempatan untuk mengobati para pejuang Islam yang memerangi pasukan Soviet di Afghanistan.

Ia kemudian pergi ke Pakistan untuk bekerja dengan Bulan Sabit Merah merawat gerilyawan Mujahidin Islam yang terluka di Afghanistan melawan pasukan Uni Soviet. Selama periode ini, ia berkenalan dengan Osama bin Laden, seorang konglomerat Arab Saudi yang bergabung dengan perlawanan Afghanistan.

Kiprahnya selama lebih dari tiga dekade di dunia militansi membawanya ke puncak kelompok teroris paling ditakuti di dunia, Al-Qaeda, setelah kematian Osama bin Laden.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral