Delegasi anggota parlemen Amerika mengunjungi Taiwan hanya 12 hari setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi yang membuat marah China..
Sumber :
  • aptn

Anggota Kongres AS Kembali Berkunjung dan Bertemu Pemimpin Taiwan

Senin, 15 Agustus 2022 - 10:50 WIB

Taiwan - Setelah kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi, kini delegasi anggota Kongres AS lain juga mengunjungi Taiwan. Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu Senin dengan delegasi anggota Kongres AS, sebagai tanda dukungan lebih lanjut di antara anggota parlemen Amerika untuk pulau berpemerintahan sendiri yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri.

Media Taiwan menunjukkan delegasi tiba untuk pembicaraan, tetapi rincian pertemuan itu tidak segera dirilis.

Kunjungan ini terjadi kurang dari dua minggu setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, yang memicu ancaman latihan militer selama berhari-hari oleh China, termasuk penembakan rudal ke pulau itu dan ke Selat Taiwan.

Ketika itu China juga mengirim pesawat tempur dan kapal angkatan laut melintasi median jalur air, yang telah lama menjadi penyangga antara pihak yang berpisah di tengah perang saudara pada tahun 1949. China menganggap kontak formal antara politisi AS dan pemerintah pulau itu sebagai dukungan untuk kemerdekaannya dari Beijing.

China mengatakan ingin menggunakan cara damai untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya, tetapi gemuruh pedang baru-baru ini telah menekankan ancaman militernya.

Delegasi beranggotakan lima orang dipimpin oleh Senator Demokrat Ed Markey dari Massachusetts dan akan bertemu dengan perwakilan pemerintah dan sektor swasta lainnya. Mengurangi ketegangan di Selat Taiwan dan investasi di industri semikonduktor penting Taiwan diharapkan menjadi topik utama diskusi.

Anggota delegasi lainnya adalah Republikan Rep. Aumua Amata Coleman Radewagen, delegasi dari Samoa Amerika, dan Demokrat John Garamendi dan Alan Lowenthal dari California dan Don Beyer dari Virginia.(chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral