Kontainer pengiriman ditumpuk bersama di Pelabuhan Baltimore, Jumat, 12 Agustus 2022, di Baltimore, Amerika Serikat..
Sumber :
  • aptn

Enam Bulan Perang, Barang Rusia Masih Masuk ke Amerika Serikat

Kamis, 25 Agustus 2022 - 12:25 WIB

Baltimore, Amerika Serikat — Sebuah kapal kontainer besar ditarik ke Pelabuhan Baltimore sarat dengan lembaran kayu lapis, batang aluminium dan bahan radioaktif dan semuanya bersumber dari ladang, hutan, dan pabrik Rusia.

Presiden Joe Biden berjanji untuk "menimbulkan rasa sakit" dan memberikan "pukulan telak" pada Vladimir Putin melalui pembatasan perdagangan komoditas seperti vodka, berlian, dan bensin, setelah invasi Rusia ke Ukraina enam bulan lalu. 

Namun ratusan jenis barang tidak sah lainnya yang bernilai miliaran dolar, termasuk yang ditemukan di kapal tujuan Baltimore dari St. Petersburg, Rusia, terus mengalir ke pelabuhan AS.

Associated Press menemukan lebih dari 3.600 pengiriman kayu, logam, karet, dan barang-barang lainnya telah tiba di pelabuhan AS dari Rusia, sejak mulai meluncurkan rudal dan serangan udara ke tetangganya pada Februari. 

Jumlah pengiriman itu sudah jauh berkurang dibanding periode yang sama pada tahun 2021 ketika sekitar 6.000 pengiriman tiba, tetapi masih menambahkan hingga lebih dari US$1 miliar perdagangan per bulan.

Pada kenyataannya, tidak ada yang terlibat yang benar-benar mengharapkan perdagangan terhenti setelah invasi. Melarang impor barang-barang tertentu kemungkinan akan lebih merugikan sektor-sektor tersebut di AS daripada di Rusia.

“Ketika kita menjatuhkan sanksi, itu bisa mengganggu perdagangan global. Jadi tugas kami adalah memikirkan sanksi mana yang memberikan dampak paling besar sekaligus memungkinkan perdagangan global berjalan,” Duta Besar Jim O'Brien, yang mengepalai Kantor Koordinasi Sanksi Departemen Luar Negeri, mengatakan kepada AP.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
04:19
01:51
04:21
03:35
06:27
Viral