Gedung WHO.
Sumber :
  • Associated Press

Organisasi Kesehatan Dunia WHO Sebut Kasus Baru Infeksi Penularan Virus Cacar Monyet Menunjukan Tren Penurunan

Jumat, 2 September 2022 - 06:49 WIB

Jenewa, Swiss - Organisasi kesehatan dunia atau WHO menyebut kasus baru infeksi cacar monyet menunjukkan tren penurunan.

Menurut Direktur Jenderal WHO Tedro Adhanom Ghebreyesus tren penurunan ini menunjukkan penyebaran cacar monyet bisa dicegah dan dihentikan. Sejumlah negara seperti Kanada, Jerman dan Belanda melaporkan penurunan signifikan kasus baru infeksi cacar monyet.

Rosamund Lewis, pejabat WHO yang bertanggung jawab atas cacar monyet mengatakan sebagian besar kasus cacar monyet terjadi pada homoseksual dan orang yang pernah melakukan kontak fisik dengan penderita cacar monyet.

Gejala awal infeksi cacar monyet pada manusia antara lain demam, sakit kepala, nyeri otot, nyeri punggung dan pembengkakan kelenjar getah bening kemudian bisa berkembang menjadi ruam yang meluas di wajah dan tubuh.

Sebagian besar pasien dapat pulih dalam beberapa minggu tetapi ada beberapa menjadi sakit parah. Sejauh ini WHO melaporkan total ada lebih dari 50 ribu kasus cacar monyet di seluruh dunia.

WHO pada 23 Juli ;a;u menyatakan virus cacar monyet sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional. (ap/adk/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral