Tentara Ukraina mempertahankan posisi mereka, di wilayah Donetsk, Ukraina, Sabtu, 2 Juli 2022..
Sumber :
  • APTN

Ukraina Melakukan Serangan Balasan, Tentara Rusia Mundur

Minggu, 11 September 2022 - 18:57 WIB

Kyiv, Ukraina - Pasukan Ukraina pada hari Minggu waktu setempat melancarkan serangan balasannya di Timur negara itu dan berhasil  memanfaatkan keuntungan yang mereka dapat dalam seminggu terakhir sehingga mengubah arah konflik secara tajam.

Serangan balasan yang dilakukan dengan cepat untuk merebut kembali wilayah yang diduduki Rusia di wilayah Timur Laut Kharkiv, memaksa Moskow menarik pasukannya agar mereka tidak dikepung, meninggalkan sejumlah besar senjata dan amunisi dalam penarikan tergesa-gesa saat perang menandai 200 hari pada hari Minggu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy yang gembira mengolok-olok Rusia dalam pidato video Sabtu malam waktu setempat, mengatakan bahwa "tentara Rusia pada hari-hari ini menunjukkan yang terbaik yang bisa mereka lakukan."

Pada hari Minggu, ia memposting video tentara Ukraina mengibarkan bendera nasional di atas Chkalovske, kota lain yang mereka rebut dari Rusia dalam serangan balasan.

Panglima militer Ukraina, Jenderal Valerii Zaluzhnyy, mengatakan hari Minggu bahwa Ukraina telah membebaskan sekitar 3.000 kilometer persegi (sekitar 1.160 mil persegi) sejak awal September. Dia mencatat bahwa pasukan Ukraina sekarang hanya berjarak 50 kilometer (sekitar 30 mil) dari perbatasan dengan Rusia.

Mundurnya Rusia menandai keberhasilan medan perang terbesar bagi pasukan Ukraina sejak mereka menggagalkan upaya Rusia untuk merebut ibu kota, Kyiv, pada awal perang yang berlangsung hampir tujuh bulan. 

Serangan Ukraina di wilayah Kharkiv menjadi kejutan bagi Moskow, yang telah merelokasi banyak pasukannya dari daerah itu ke selatan, untuk mengantisipasi serangan balasan utama Ukraina di sana.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:32
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
Viral