Para pengungsi yang sedang berdesak-desakan untuk mendapatkan bantuan di Pakistan..
Sumber :
  • Ap Newsroom

Usai Dilanda Banjir yang Menewaskan Ribuan Orang, Pakistan Kini Terancam Penyakit Akibat Hidup di Pengungsian

Minggu, 18 September 2022 - 18:52 WIB

Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan tentang bencana kedua setelah banjir yang mematikan di Pakistan pada musim panas ini. Para dokter dan pekerja medis berlomba-lomba untuk memerangi wabah penyakit yang ditularkan melalui air.

Banjir itu mulai surut di beberapa provinsi, namun masih banyak warga yang masih mengungsi di tenda-tenda dan kamp darurat. 

Akibat dari banjir tersebut, masyarakat menghadapi berbagai penyakit, antara lain ancaman infeksi saluran pencernaan, demam berdarah dan malaria yang terus meningkat. Air yang kotor dan tergenang menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

“Saya sangat prihatin dengan potensi bencana kedua di Pakistan, gelombang penyakit dan kematian akibat bencana ini. Terkait dengan perubahan iklim yang telah berdampak parah pada sistem kesehatan vital yang membuat jutaan orang rentan,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari laman Ap Newsroom, Minggu (18/9/2022). 

“Pasokan air terganggu, memaksa orang untuk minum air yang tidak aman. Tetapi jika kita bertindak cepat untuk melindungi kesehatan dan memberikan layanan kesehatan, kita dapat secara signifikan mengurangi dampak krisis yang akan datang ini,”

Kepala WHO juga mengatakan bahwa hampir 2 ribu fasilitas kesehatan telah rusak seluruhnya dan mendesak para pendonor untuk terus bermurah hati sehingga lebih banyak nyawa dapat diselamatkan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral