Dok. Jenazah Ratu Elizabeth II disemayamkan..
Sumber :
  • Instagram @theroyalfamily.

Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan Hari Ini. Ini Jadwalnya

Senin, 19 September 2022 - 10:44 WIB

Jakarta - Jenazah Ratu Elizabeth II akan dimakamkan pada Senin (19/9/2022), kemudian akan dibawa ke Westminster Abbey dengan State Gun Carriage of the Royal Navy.

“Pemakaman Negara Yang Mulia Ratu akan berlangsung di Westminster Abbey pada hari Senin, 19 September, pukul 11.00 [waktu setempat]," demikian pernyataan Kerajaan Inggris di situs resmi mereka @theroyalfamily.

Pada hari terakhir, tercatat ratusan ribu pelayat memberikan penghormatan. Ada antrian besar, yang mengular di sepanjang South Bank, melewati National Theatre, Tate Modern dan HMS Belfast, hingga Southwark Park.

Diketahui, pemimpin negara dipastikan hadir dalam upacara tersebut, di antaranya Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Presiden Prancis, Emmanuel Macron, hingga Wakil Presiden China, Wang Qishan.

Sebelumnya, pada Minggu pukul 20.00 waktu setempat, seluruh wilayah dan masyarakat Inggris telah dijadwalkan untuk mengheningkan cipta sejenak selama satu menit. Masyarakat diminta melakukannya secara pribadi di rumah mereka sendiri, di jalan bersama dengan tetangga, atau di acara-acara komunitas.

Berikut rincian agenda pemakaman Ratu Elizabeth (semua menggunakan waktu London):
- Pukul 06.30, Westminster Hall mulai ditutup, sehingga masyarakat umum sudah tidak bisa melewati peti mati ratu.
- Pukul 08.00, pintu Westminster Abbey mulai dibuka menjelang pemakaman.
- Pukul 10:44, peti mati Ratu akan dibawa dalam prosesi dari Istana Westminster ke Westminster Abbey dengan State Gun Carriage of the Royal Navy, kereta yang akan ditarik oleh 142 pelaut dari Angkatan Laut Kerajaan.
- Pukul 10.52, peti mati ratu tiba di Biara.
- Pukul 11.00, pemakaman kenegaraan dimulai.
- Pukul 11.55, Last Post akan berbunyi, diikuti dengan mengheningkan cipta selama dua menit untuk diamati di Biara dan di seluruh Inggris.
- Pukul 12.00, Reveille, lagu kebangsaan dan ratapan, yang dimainkan oleh Queen's piper, akan mengakhiri upacara pemakaman kenegaraan.
- Pukul 15:00, mobil jenazah akan membawa peti mati di sepanjang Long Walk ke St George's Chapel, Windsor Castle.
- Pukul 16.00, sebuah layanan komitmen di Kapel St. George, Windsor kemudian akan dimulai. Ini dihadiri oleh jemaat yang lebih kecil dan lebih pribadi dengan sekitar 800 tamu, itu akan dipimpin oleh Dekan Windsor David Conner, dengan restu dari Uskup Agung Canterbury Justin Welby.
- Pukul 19.30, peti jenazah ratu akan dimakamkan di Royal Vault bersama dengan mendiang suaminya, Duke of Edinburgh yang terletak di dalam Kapel St George. Mendiang suami ratu sendiri meninggal pada April 2021 lalu.(mg3/chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral