Jubir China : Cina Kecam Pembentukan Kerjasama Militer Aukus.
Sumber :
  • Asociate Press

China Kecam Pembentukan Kerjasama Militer "AUKUS"

Sabtu, 18 September 2021 - 01:53 WIB

Beijing, China - Pemerintah Cina kecam pembentukan kerjasama keamanan baru di wilayah Asia-Pasifik yang melibatkan Amerika Serikat, Inggris Dan Australia.

Dalam konferensi pers harian yang digelar di kota beijing pada jumat (17/9), juru bicara menteri luar negeri pemerintah Cina, Zhao Lijian, menuding ketiga negara tersebut mempromosikan adanya pertempuran dan kehancuran.

Zhao juga menolak pernyataan bersama dari menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat dan Australia, saat keduanya menyatakan keprihatinan mereka atas klaim ekspansif pemerintah Cina di Laut Cina Selatan dan “erosi otonomi” di Hong Kong.

Zhao menambahkan, pemerintah Amerika Serikat dan Australia telah bersekongkol melawan Cina dan mendesak kedua negara untuk berhenti mencampuri urusan dalam negeri Cina serta berhenti dalam membuat pergolakan di kawasan Asia-Pasifik.

"Pemerintah Amerika Serikat dan Australia seharusnya mengikuti tren dan perkembangan waktu, menghormati aspirasi umum dari negara-negara regional serta mengesampingkan pola pikir era perang dingin dan pemikiran sempit mengenai konsep geopolitik. Mereka seharusnya melihat perkembangan pemerintah Cina dengan benar, berhenti ikut campur dalam urusan dalam negeri Cina serta berhenti membuat pergolakan di kawasan Asia-Pasifik." Tutup Zhao Lijian, Jubir Kemenlu China. (AP/Aryo,Fhm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral