dok. sebuah botol berisi vaksin monkeypox dan jarum suntik diletakkan di atas meja klinik..
Sumber :
  • AP Newsroom

CDC: Vaksin Terbukti Efektif untuk Melawan Cacar Monyet

Kamis, 29 September 2022 - 17:06 WIB

Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa orang yang menerima dosis tunggal vaksin cacar monyet dalam upaya melawan virus tampaknya secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk sakit. 

Petugas kesehatan masyarakat setempat mengatakan tentang bagaimana Vaksin Jynneos dapat mempengaruhi monkeypox, virus yang terutama menyebar diantara pria yang berhubungan seks dengan pria yang terinfeksi. 

“Data baru ini memberi kami tingkat optimisme yang hati-hati bahwa vaksin bekerja sebagaimana dimaksud,” ujar Rochelle Walensky, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC), dikutip dari laman Ap Newsroom pada Kamis (29/9/2022). 

Diketahui, sekitar 800 ribu dosis pertama dan kedua vaksin telah diberikan di seluruh negeri kepada orang-orang yang dianggap berisiko tinggi terinfeksi virus. 

Tidak ada data konklusif ilmiah yang tersedia untuk membuktikan efektivitas Jynneos terhadap monkeypox.Tetapi, angka CDC menunjukkan bahwa pria yang tidak divaksinasi, 14 kali lebih mungkin terinfeksi cacar monyet dibandingkan mereka yang memiliki satu dosis vaksin. 

Data tersebut berasal dari 32 negara bagian untuk kasus antara 31 juli hingga 3 September. Namun, Walensky mengatakan penelitian laboratorium menunjukkan tingkat kekebalan tertinggi dari virus tercapai setelah orang-orang mendapatkan dosis kedua vaksin.

Seperti yang diketahui, Amerika menduduki angka tertinggi kasus cacar monyet di dunia. Sejauh ini, lebih dari 25 ribu infeksi virus cacar monyet yang dapat menyebabkan ruam, demam, nyeri tubuh dan kedinginan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:49
01:41
01:47
06:30
01:40
02:00
Viral