Gedung Putih Amerika Serikat digeruduk Massa.
Sumber :
  • AP & Rueters

Penjagaan Capitol Diperketat Menyusul Aksi Protes di Depan Gedung capitol.

Minggu, 19 September 2021 - 05:06 WIB

Amerika - Ratusan demonstran berkumpul menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Capitol, Washington, D.C., Amerika Serikat, pada Sabtu (18/9) pagi waktu setempat.

Aksi unjuk rasa ini diselenggarakan oleh mantan juru kampanye Trump,  Matt Braynard, sebagai bentuk dukungan mereka terhadap lebih dari 600 orang yang ditahan terkait kerusuhan yang berujung penerobosan gedung Capitol pada 6 Januari lalu.

Guna mengantisipasi adanya kerusuhan seperti pada 6 Januari lalu, pihak kepolisian Capitol meminta bantuan dari pasukan Garda Nasional untuk membantu pengamanan aksi protes ini.

Selain itu, petugas kepolisian dengan perlengkapan anti huru hara lengkap juga dikerahkan di dekat pintu dan jendela di dalam gedung Capitol, berbeda jauh bila dibandingkan pada Januari lalu, ketika petugas yang berjaga di dalam gedung Capitol tidak mengenakan pakaian anti huru hara dan kewalahan saat menghadapi kerumunan massa yang menyerbu masuk ke dalam.

Pasca-insiden 6 Januari lalu, lebih dari 600 orang ditahan dengan tuduhan terlibat kerusuhan.

Berdasarkan dokumen pengadilan menyusul penangkapan tersebut, hampir 50 orang diantaranya telah mengaku bersalah atas tuduhan terlibat aksi kekerasan, sembilan orang mengaku melakukan tindak kejahatan.

Sementara itu, sebagian besar pendukung Trump yang ditahan kini tengah menanti vonis bebas dari pengadilan, meski 75 orang diantaranya masih berada di dalam tahanan. (Ap/Rueters/Fhm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral