Komplek Nuklir Korea Utara.
Sumber :
  • AP

Korea Utara Perluas Pabrik Pengayaan Uranium

Minggu, 19 September 2021 - 14:40 WIB

Yongbyon, Korea Utara - Foto satelit terbaru menunjukkan Korea Utara sedang memperluas pabrik pengayaan uranium di kompleks nuklir utamanya Yongbyon. Foto tersebut menjadi sebuah tanda bahwa Pyongyang berniat meningkatkan produksi material bom.

Korea Utara baru-baru ini meningkatkan ketegangan dengan uji coba rudal pertamanya di tengah negosiasi perlucutan senjata nuklir dengan Amerika Serikat yang sempat terhenti.

Para ahli di Institut Studi Internasional Middlebury di Monterey mengatakan foto-foto yang diambil awal bulan ini oleh perusahaan citra satelit Maxar itu juga menunjukkan konstruksi di wilayah yang berada di samping pabrik.

Laporan tersebut mengatakan bahwa citra satelit yang diambil pada 1 September itu menunjukkan Korea Utara menebang pohon dan menyiapkan tanah untuk konstruksi, sejumlah eskavator juga terlihat di lokasi.

Sementara, gambar kedua yang diambil pada 14 September menunjukkan dinding didirikan untuk menutupi area tersebut, pekerjaan fondasi dan panel yang dilepas dari sisi bangunan untuk menyediakan akses ke area yang tertutup.

Area baru ini berukuran sekitar 1.000 meter persegi, cukup untuk menampung 1.000 sentrifugal tambahan, yang akan meningkatkan kapasitas pabrik untuk menghasilkan uranium hingga 25%.(rif)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
02:12
Viral