Kapal induk AS USS Ronald Reagen dikawal ke pelabuhan di Busan, Korea Selatan..
Sumber :
  • AP Newsroom

Korea Utara Luncurkan Lebih Banyak Rudal Balistik Saat AS Pindahkan Kapal Induk

Kamis, 6 Oktober 2022 - 11:34 WIB

Jakarta - Korea Utara luncurkan dua rudal balistik jarak pendek ke arah perairan timurnya setelah Amerika Serikat kembali mengerahkan sebuah kapal induk di dekat Semenanjung, Korea Selatan.

Peluncuran rudal terbaru itu menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bertekad untuk melanjutkan uji coba senjata yang bertujuan untuk meningkatkan persenjataan nuklirnya yang bertentangan dengan sanksi internasional. 

Banyak ahli yang mengatakan tujuan Kim pada akhirnya adalah untuk memenangkan pengakuan AS sebagai negara nuklir yang sah dan pencabutan sanksi tersebut, meskipun masyarakat internasional tidak menunjukkan tanda-tanda membiarkan hal itu terjadi.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan rudal terbaru diluncurkan 22 menit terpisah dari wilayah Ibu Kota Korea Utara dan mendarat di antara Semenanjung Korea dan Jepang.
Rudal pertama terbang 350 kilometer (217 mil) dan mencapai ketinggian maksimum 80 kilometer (50 mil). Selanjutnya, yang kedua terbang 800 kilometer (497 mil) pada puncak 60 kilometer (37 mil). 

Lebih lanjut, Menteri Pertahanan Yasukazu Hamada menegaskan bahwa rudal tersebut tidak mencapai zona ekonomi eksklusif Jepang.

Disisi lain, Militer Korea Selatan mengatakan telah meningkatkan postur pengawasannya dan mempertahankan kesiapan dalam koordinasi yang erat dengan Amerika Serikat. 

Menurut Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida peluncuran yang terus-menerus oleh Korea Utara benar-benar tidak dapat di toleransi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral