Satellite photo of Caldera de Taburiente and Cumbre Nueva, La Palma, Canary Islands..
Sumber :
  • wikipedia

Gunung Cumber Vieja Spanyol Meletus, Ribuan Orang Dievakuasi

Senin, 20 September 2021 - 22:42 WIB

La Palma, Spanyol, - Gunung berapi Cumber Vieja di Pulau La Palma Spanyol meletus menyemburkan lahar mengakibatkan ribuan orang yang tinggal di kaki gunung dievakuasi. Semburan lahar mengalir hingga ke sisi gunung dan membakar yang dilaluinya.

Selama sepekan terakhir tercatat adanya peningkatan tajam aktivitas Gunung Cumber Vieja. Sejauh ini sudah 1.000 orang dievakuasi dan kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah hingga 10 ribu orang.

Akses ke gunung juga telah ditutup sebagai upaya antisipasi. Aliran lahar dilaporkan telah menghancurkan rumah warga dan mengancam menuju ke pantai dan sejumlah lokasi termasuk El Paraiso, Alcala dan daerah sekitarnya. Gempa berkekuatan magnitudo 4,2 dilaporkan terjadi sebelum letusan.

Sesaat setelah ledakan awal mengguncang kawasan tersebut, satu aliran lahar hitam dengan ujung yang menyala langsung meluncur menuju rumah-rumah di Desa El Paso, Spanyol. Walikota Sergio Rodríguez mengatakan, 300 orang dalam bahaya segera dievakuasi, jalan ditutup dan pihak berwenang mendesak mereka yang penasaran untuk tidak mendekati daerah itu.

Lava akhirnya menghancurkan setidaknya delapan rumah, menurut pejabat setempat, menyebabkan setidaknya satu chalet dan menara runtuh.

Institut Vulkanologi Kepulauan Canary melaporkan letusan pertama terjadi di ujung selatan Pulau La Palma dan terjadi tahun 1972 atau sekitar 50 tahun silam dan berlangsung selama 3 pekan. Seorang fotografer tewas karena terlalu dekat dengan aliran lava saat mengambil foto.

La Palma, pulau dengan populasi 85 ribu orang itu merupakan satu dari delapan pulau vulkanik di Kepulauan Canary Spanyol yang berlokasi di lepas pantai barat Afrika. Pada titik terdekatnya, pulau-pulau tersebut berjarak 100 kilometer (60 mil) dari Maroko.(coy/toz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:00
09:04
01:41
02:02
01:18
01:54
Viral