Penyidik memeriksa tempat kejadian di mana banyak orang tewas dan terluka karena terinjak-injak saat festival Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan, (30/10/2022).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Hong-ji/aww

Gang Selebar 4 Meter Jadi Saksi Bisu Tragedi Pesta Halloween di Itaewon

Senin, 31 Oktober 2022 - 13:55 WIB

Seoul, Korea Selatan – Ratusan ribu orang tidak dapat bergerak dan terhimpit, akibat Pesta Halloween yang diadakan di gang sempit selebar empat meter di distrik Itaewon, Seoul, Korea Selatan, pada Minggu (30/10/2022) dini hari.

Akibatnya, orang-orang mulai saling bertabrakan satu sama lain dan jatuh hingga terinjak-injak. Peristiwa Pesta Halloween ini merupakan salah satu tragedi paling mematikan yang terjadi di Korea Selatan. Sedikitnya 154 orang meninggal dunia akibat terinjak-injak dan henti jantung.
Itaewon merupakan pusat kehidupan malam yang cukup menjadi ikon di Korea Selatan. Di wilayah tersebut terdapat beberapa restoran mewah, serta merupakan tempat belanja bagi warga asing dan warga lokal Korea Selatan.

Sejauh ini, Itaewon adalah tempat paling populer bagi para pengunjung pesta Halloween, dan dilansir dari Yonhap, diperkirakan seratus ribu orang mengunjungi Itaewon pada malam itu. Padahal, gang yang menjadi perhelatan pesta Hellowen hanya sebuah gang selebar 4 meter kali 40 meter yang menghubungkan distrik Itaewon dengan jalan utama.

Menurut keterangan saksi, sekitar enam orang dewasa hampir tidak bisa lewat pada saat yang bersamaan, karenakan gang tersebut terletak di antara dinding tembok hotel yang panjang, dan para korban saling berdorongan untuk menyelamatkan diri masing-masing.

Keramaian pengunjung pesta itu mulai memadati area pada Sabtu malam (29/10/2022) untuk merayakan Halloween pertama sejak wabah Covid-19 pada awal 2020, setelah regulasi menggunakan masker di luar ruangan dicabut secara nasional pada bulan September.

Ratusan ribu pengunjung yang memadati area membuat tim penyelamat dan petugas kepolisian sulit untuk mengakses para korban yang berjarak sekitar 100 meter di dalam gang tersebut, menyebabkan jumlah korban tewas mencapai ratusan orang. (mg3)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral