Layar TV menunjukkan gambar peluncuran rudal Korea Utara dalam program berita di Stasiun Kereta Api di Seoul, Korea Selatan.
Sumber :
  • AP Newsroom

Korea Utara dan Korea Selatan Saling Tembakkan Rudal di Pantai Lepas

Rabu, 2 November 2022 - 15:43 WIB

Jakarta – Korea Utara dan Korea Selatan sama-sama menembakkan rudal yang mendarat di perairan lepas masing-masing untuk pertama kalinya. 

Pyongyang yang pertama kali meluncurkan rudal yang mendarat kurang dari 60 km (37 mil) dari kota Sokcho, Korea Selatan. Tiga jam setelahnya, Seoul menembakkan tiga rudal sebagai tanggapan pada Rabu (02/11/2022).

Militer Korea Selatan mengatakan peluncuran rudal Korea Utara adalah pelanggaran yang tidak dapat diterima atas pelanggaran batas wilayahnya.
Pada Selasa, Korea Utara telah memperingatkan Korea Selatan dan Amerika Serikat akan menerima 'langkah-langkah tindak lanjut yang lebih kuat' jika tetap melanjutkan latihan militer bersama. Mereka menganggap hal itu sebagai ancaman terselubung untuk menggunakan senjata nuklir.

Korea Utara menilai latihan militer itu mencirikan Amerika Serikat sebagai pelaku utama dalam menghancurkan perdamaian dan keamanan.

"Korea Utara diperkirakan akan melanjutkan uji coba senjata nuklir segera setelah jeda lima tahun karena telah menyelesaikan semua persiapan yang diperlukan," ungkap Intelijen Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Korea Utara menembakkan sedikitnya 10 rudal ke arah timur dan barat selama masa berkabung nasional di Korea Selatan, dikarenakan tragedi Halloween Itaewon, di Seoul pada akhir pekan yang menewaskan lebih dari 150 orang.

Setidaknya satu rudal Korea Utara diluncurkan sebelum pukul 09:00 KST (07:00 WIB) pada Rabu. Rudal tersebut mendarat sekitar 26 km ke arah selatan dari perbatasan dan 57 km ke arah timur Sokcho.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral