Sebuah drone terlihat di langit beberapa detik sebelum menembaki gedung-gedung di Kyiv, Ukraina, pada 17 Oktober 2022..
Sumber :
  • APTN

Iran Akui Kirim Drone ke Rusia

Sabtu, 5 November 2022 - 18:40 WIB

Dubai, Uni Emirat Arab - Menteri Luar Negeri Iran pada hari Sabtu waktu setempat, mengakui untuk pertama kalinya bahwa negaranya telah memasok Rusia dengan pesawat tak berawak (drone). 

Komentar Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian muncul, setelah Rusia menggunakan drone yang menghantam infrastruktur energi Ukraina dan target sipil.

“Kami memberikan sejumlah drone ke Rusia beberapa bulan sebelum perang Ukraina,” kata Amirabdollahian kepada wartawan setelah pertemuan di Teheran.

Sebelumnya, para pejabat Iran telah membantah mempersenjatai Rusia dalam perangnya di Ukraina. Awal pekan ini, Duta Besar Iran untuk PBB Amir Saeid Iravani menyebut tuduhan itu “sama sekali tidak berdasar” dan menegaskan kembali posisi netralitas Iran dalam perang. 

AS dan sekutu Baratnya di Dewan Keamanan telah meminta Sekretaris Jenderal Antonio Guterres untuk menyelidiki apakah Rusia telah menggunakan pesawat tak berawak Iran untuk menyerang warga sipil di Ukraina.

Meski begitu, Garda Revolusi paramiliter Iran secara samar-samar mengklaim menyediakan drone ke negara-negara besar dunia. Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei telah memuji kemanjuran pesawat tak berawak dan mengolok-olok Barat atas bahayanya. 

Selama demonstrasi yang didukung negara untuk menandai pengambilalihan Kedutaan Besar AS tahun 1979 pada hari Jumat, orang banyak melambaikan plakat drone berbentuk segitiga sebagai kebanggaan nasional.(chm)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:04
01:41
01:18
01:54
01:26
01:52
Viral