Pengunjuk rasa berhadapan dengan petugas keamanan dengan pakaian pelindung putih di kompleks pabrik yang dioperasikan oleh Foxconn yang menjalankan pabrik Apple iPhone terbesar di dunia di Zhengzhou di provinsi Henan (23/11/2022)..
Sumber :
  • APTN

Pekerja Pabrik Iphone di China Dipukuli Petugas Ketika Demo. Distribusi Iphone14 Tertunda?

Kamis, 24 November 2022 - 09:48 WIB

Beijing, China - Gelombang protes besar terjadi di pabrik Iphone yang berada Kota Zhengzhou, China. Ironisnya, polisi memukuli pekerja yang melakukan protes mulai dari hari selasa hingga hari rabu waktu setempat.

Protes ini terjadi karena perusahaan (Foxconn) telah merubah ketentuan gaji yang sempat ditawarkan di awal.

Salah satu pekerja Li Sanshan kepada APNews mengatakan bahwa Foxconn menawarkan gaji yang lebih tinggi untuk menarik lebih banyak pekerja ke pabrik Zhengzhou untuk merakit iPhone 14, yang dijual mulai dari $799 di Amerika Serikat.

Li mengatakan dia berhenti dari pekerjaan katering ketika dia melihat iklan yang menjanjikan 25.000 yuan (sekitar Rp54,6 juta) untuk dua bulan kerja. Itu akan menjadi kenaikan yang signifikan di atas gaji rata-rata untuk jenis pekerjaan ini di daerah tersebut.

Setelah karyawan tiba, perusahaan mengatakan mereka harus bekerja dua bulan tambahan dengan gaji lebih rendah untuk menerima 25.000 yuan, menurut Li.

“Foxconn merilis tawaran perekrutan yang sangat menggiurkan, dan pekerja dari seluruh penjuru negeri datang, hanya untuk mengetahui bahwa mereka telah dibodohi,” katanya.

Protes di Zhengzhou berlangsung hingga Rabu pagi ketika ribuan pekerja berkumpul di luar asrama dan menghadapi pekerja keamanan pabrik, menurut Li. Apple Inc. tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral