Satelit karya anak bangsa meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.
Sumber :
  • LAPAN

Mantap! Satelit SS-1 Buatan RI Sukses Terbang ke ISS Pakai Roket Elon Musk

Senin, 28 November 2022 - 21:01 WIB

Jakarta - Satelit nano buatan anak bangsa, Surya Satellite (SS-1) berhasil meluncur ke luar angkasa dengan menumpang roket Falcon 9 CRS-26, milik perusahaan SpaceX, Elon Musk. Satelit itu akan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Diketahui, roket tersebut membawa sekitar 2.630 kg muatan untuk misi penelitian, perangkat keras, dan perlengkapan kru.
Dilansir dari akun Instagram @brin_indonesia, roket mengemban misi membawa muatan termasuk satelit SS-1. Peluncuran sempat tertunda beberapa hari lalu karena faktor cuaca yang tidak mendukung.

"Misi ini sendiri adalah Automatic Packet Reporting System yang berfungsi sebagai media komunikasi via satelit dalam bentuk teks singkat. Teknologi ini dapat dikembangkan untuk mitigasi bencana, pemantauan jarak jauh, serta komunikasi darurat." tulis akun Instagram @brin_indonesia, dikutip pada Senin (28/11/2022).

Sementara itu, ide dan proyek pengembangan satelit nano ini digagas oleh Universitas Surya yang didukung kolaborasi antara tim insinyur muda bersama PT Pasi Satelit Nusantara, Organisasi Amatir Radio Indonesia, PT Pudak Scientific, serta dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pusat Teknologi Satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Pusteksat LAPAN), dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sebelumnya, Tim Surya Satellite-1 mengikuti sayembara pada Februari 2018 dengan ikut program KiboCUBE yang dikukuhkan oleh United Nations Ofice for Outer Space Affairs (UNOOSA) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Sebagai informasi, Tim Surya Satellite-1 menjadi pemenang pada sayembara ini pada Agustus 2018, sehingga satelitnya dapat diluncurkan dari ISS secara gratis. Milestone penting selanjutnya adalah deployment satelit SS-1 dari modul Kibo milik JAXA dari ISS oleh astronot yang direncanakan pada Januari 2023. (mg4/ebs)


 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral