Aksi Demo Warga Romania.
Sumber :
  • Aptn

Warga Romania Tolak Kebijakan Pembatasan Baru Hadapi Lonjakan Covid-19

Minggu, 3 Oktober 2021 - 06:06 WIB

Bukares, Romania - Ribuan orang berkumpul di ibukota Romania pada hari Sabtu (2/10) untuk menolak kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat, yang diharapkan mampu memerangi lonjakan infeksi Covid-19 yang semakin mengkhawatirkan.

Aksi demonstrasi yang digelar di Bukares ini,  diselenggarakan oleh partai sayap kanan AUR Romania dan dihadiri oleh berbagai kelompok sayap kanan lainnya.

Seorang pengunjuk rasa khawatir bahwa izin masuk Covid-19 yang dibawa sebagai bagian dari pembatasan baru akan menjadi upaya pemerintah untuk "mengendalikan warga", sementara massa lainnya khawatir tentang anak-anak yang harus memakai masker di sekolah "tanpa memiliki hak untuk memilih".

Infeksi Covid-19 harian di Romania telah meroket dari sekitar 1.000 kasus harian sebulan lalu menjadi 12.590 kasus baru pada Sabtu. Itu adalah jumlah infeksi harian tertinggi di Romania sejak terjadinya pandemi.

Kenaikan ini menyebabkan tenaga medis di berbagai rumah sakit di Romania kewalahan, karena tingkat keterisian unit perawatan intensif hampir mencapai batas maksimal kapasitas maksimal.

Sementara itu, pihak berwenang mengatakan bahwa pembatasan baru ini akan diterapkan ketika tingkat infeksi di suatu daerah melebihi enam per seribu penduduk selama periode 14 hari. Sementara, tingkat infeksi Bukares pada hari Sabtu berdiri di atas delapan per seribu penduduk. (aptn/ade)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral