Jenazah Pele dimakamkan di Pemakaman Necropole Ecumenica Memorial di Vila Belmiro Santos, Brasil,.
Sumber :
  • AP Photo/Andre Penner

Presiden Brasil Beri Penghormatan Terakhir di Depan Janazah Legenda Sepakbola Pele

Rabu, 4 Januari 2023 - 13:25 WIB

Jakarta -  Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva, memberikan penghormatan terakhir untuk Pele di Vila Belmiro stadion, tempat dimana Pele menghabiskan sebagian besar kariernya. 

Sejumlah masyarakat Brasil pun mengucapkan salam perpisahan untuk terakhir kalinya kepada Sang Legenda, pada Selasa (3/3/2023), sebelum akhirnya dikebumikan di Kota Santos, Brasil, yang menjadi saksi bagaimana Pele mulai membangun mimpi menjadi pesepakbola sejak usia 15 tahun dan bergabung di klub Santos FC.

Misa pemakaman diadakan di stadion tim Vila Belmiro sebelum peti mati hitamnya dibawa melalui jalan-jalan Santos dengan truk pemadam kebakaran. Selain itu, sebelum peti mati yang terbungkus emas tiba, sejumlah lagu yang disukai oleh sang legenda pun dikumandangkan.

Melansir dari AP, Rabu (4/1/2023), Geovana Sarmento menunggu dalam antrean selama tiga jam untuk melihat jasad Pele saat terbaring. Dia datang bersama ayahnya yang mengenakan kaos Brasil dengan nama Pele.

“Saya bukan penggemar Santos, begitu pula ayah saya. Tapi orang ini menciptakan tim nasional Brasil. Dia membuat Santos lebih kuat, dia menjadi besar, bagaimana mungkin anda tidak menghormatinya? Dia adalah salah satu orang terhebat yang pernah ada, kami perlu menghormatinya,” katanya. 

Seorang insinyur Caio Zalke yang mengenakan kemeja Brasil saat dia menunggu di antrean juga menuturkan, “Pele adalah pemain Brasil terpenting sepanjang masa. Dia menjadikan olahraga ini penting bagi Brasil dan dia menjadikan Brasil penting bagi dunia."

Dalam olahraga di era tahun 1960-an hingga 1970-an Pele mungkin adalah atlet paling terkenal di dunia. Dia bertemu dengan presiden dan ratu, dan perang saudara di Nigeria ditunda agar orang bisa menontonnya bermain.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral