Petugas keamanan Somalia berkendara melewati Hotel Hayat, tempat serangan terjadi oleh militan kelompok al-Shabaab, di Mogadishu, Somalia, Minggu (21/8/2022)..
Sumber :
  • Istimewa/ANTARA FOTO/REUTERS

Mencekam, Bom Mobil Tewaskan 10 Orang di Somalia, Warga Ceritakan Kronologisnya

Kamis, 5 Januari 2023 - 04:32 WIB

Somalia, tvOnenews.com - Kondisi pemukiman warga Hiraan, Somalia tengah, mencekam. Pasalnya, dua bom mobil yang diledakkan anggota al Shabaab dan menewaskan sedikitnya 10 orang serta  menghancurkan beberapa rumah, Rabu (4/1/2023) pagi hari.

Hal itu diceritakan seorang milisi yang bersekutu dengan pemerintah dan seorang warga setempat. Bahkan, mereka juga ceritakan, bahwa Al Shabaab, yang berafiliasi dengan Al Qaida, mengobarkan pemberontakan terhadap pemerintahan Somalia sejak 2007.

Al Shabaab didorong keluar dari Hiraan tahun lalu oleh pasukan pemerintah dan macawisley, milisi yang bersekutu dengan pemerintah, tetapi kelompok itu terus melancarkan serangan.

"Kami pagi ini terbangun oleh dua ledakan besar," ujar warga setempat saat menceritakan kronologisnya, seperti yang dikutip dari Antara, Kamis (5/1/2023).

"Kami melihat banyak rumah hancur. Sedikitnya 10 orang meninggal, termasuk warga sipil, tentara, dan pejuang macawisley," sambungnya menceritakan.

Selain itu, juru bicara macawisley untuk distrik Mahas, Farah Abdullahi mengatakan, ledakan tersebut menewaskan sedikitnya 10 orang.

Komisaris Mahas Mumin, Mohamed Halane menyampaikan, kepada radio milik pemerintah bahwa satu bom mengenai rumahnya dan satunya lagi mengenai rumah seorang anggota parlemen.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral