Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim.
Sumber :
  • Ist

Anwar Ibrahim Luncurkan Malaysia MADANI Jadi Tonggak Dasar Pemerintahan

Minggu, 22 Januari 2023 - 15:10 WIB

Jakarta - Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim (DSAI) meluncurkan konsep Malaysia MADANI. Yakni sebuah kerangka visi baru bagi negara, upaya nirmala yang terintegrasi dan holistik, didukung oleh kebijakan yang berorientasi ke depan untuk mewujudkan masyarakat yang beradab, maju, terampil dan inklusif. 

"Tujuan kami adalah mengubah Malaysia menjadi negara yang berkelanjutan, sejahtera, kreatif, saling menghormati, dan santun berdasarkan rasa saling percaya. Kata kunci dari visi ini adalah MADANI, yang pada dasarnya merupakan kepercayaan antara pemerintah dan rakyat berdasarkan transparansi dan kerjasama," ujar Anwar Ibrahim dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Minggu (22/1/2023).

PM ke-10 Malaysia ini merincikan apa yang dimaksud MADANI. Dimana kata tersebut mewakili enam prinsip M (keMampanan), A (kesejAhteraan), D (Daya cipta), A (hormAt), N (keyakiNan) dan I (Ihsan) yang merupakan pilar dalam memetakan arah Malaysia menuju negara bangsa maju dan perdamaian . 

"Itu ditulis sebagai hasil dari pengalaman lebih dari empat dekade di bidang pelayanan publik, mengepalai beberapa kementerian di pemerintahan, memimpin beberapa badan internasional, serta menjadi pendidik di beberapa universitas bergengsi di dunia," jelas Anwar.

Anwar menambahkan kendaraan utama yang menjadi inti MADANI Malaysia akan didukung oleh empat Inti Strategis Utama yaitu Membangun Kembali Perekonomian, Menjamin Kesejahteraan Manusia, Mereformasi Institusi dan Legislasi Demokrasi dan Membangun Administrasi yang Amanah. 

"Untuk menjamin kesinambungan dan kelancaran agenda ini, tiga strategic enabler akan berfungsi sebagai motor penggerak, yaitu Digitalisasi Pelayanan Rakyat, Pemberdayaan Talenta Terbaik Bangsa dan Pemberdayaan Manajemen Proyek Strategis," jelasnya lagi.

Dengan semangat, ketelitian keinginan dan tekad Malaysia MADANI, Anwar mengajak semua pihak untuk mendukung konsep ini demi kebaikan bersama.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:10
17:29
03:50
01:56
06:42
02:19
Viral