Ilustrasi, Kantor Google.
Sumber :
  • ANTARA

Perusahaan Induk Google Kehilangan Potensi Pasar 100 Miliar Dolar AS Menyusul Insiden Informasi Tak Akurat

Kamis, 9 Februari 2023 - 11:37 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Perusahaan induk Google kehilangan lebih dari 100 miliar dolar AS nilai pasar pada hari Rabu (8/2/2023) setelah iklan Chatbot "Bard" menunjukkan informasi yang tidak akurat, demikian dikutip dari Aljazeera, Kamis (9/2/2023). 

Saham perusahaan induk Google turun 8 persen atau $8,59 per saham menjadi $99,05 dan merupakan salah satu yang paling aktif diperdagangkan di bursa AS.

"Bard" adalah platform obrolan buatan Google yang dibekali kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI). Teknologi ini disebut-sebut bakal jadi menjadi pesaing ChatGPT yang disokong Microsoft.

"Bard" merupakan eksperimen AI terbaru perusahaan yang bertujuan untuk "menggabungkan luasnya pengetahuan dunia dengan kekuatan, kecerdasan, dan kreativitas model bahasa besar" Google.

Sebelumnya, Raksasa teknologi itu memposting video GIF pendek melalui Twitter, menggambarkan chatbot sebagai "launchpad untuk rasa ingin tahu" yang akan membantu menyederhanakan topik yang rumit.

Namun sayang, beberapa jam sebelum peluncurannya di Paris, chatbot "Bard" itu justru terdeteksi memberikan jawaban yang tidak akurat.

"Ini adalah 'preseden', mereka kemudian menghukum stok saham karena itu, yang dapat dibenarkan karena semua orang (investor) sangat bersemangat untuk melihat produk yang lumayan bagus untuk menantang Microsoft," kata Dennis Dick, pendiri dan analis struktur pasar di Triple D Trading.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
02:17
Viral