Ilustrasi kemiskinan ekstrem.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Julio Trisaputra

LSM Peduli Jakarta Temukan Kekeliruan Data Kemiskinan Ekstrem Milik BPS DKI Jakarta

Kamis, 16 Februari 2023 - 11:32 WIB

Jakarta - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Peduli Jakarta menemukan data kemiskinan ekstrem di RT6/RW 15 Kalibaru, Jakarta Utara, tidak tepat usai menggelar survei dan verifikasi data secara by name, by address.

Eksekutif Direktur Peduli Jakarta, Melny Nova Katuuk, menjelaskan hasil dari verifikasi di 25 KK, terdapat 23 KK yang memiliki pengeluaran di atas Rp1 juta per bulan.

Dengan begitu, menurut Nova, pengeluaran tersebut jauh dari kategori miskin ekstrem yang disampaikan BPS DKI beberapa waktu lalu yakni dengan pengeluaran Rp11.633 per hari.

“Bahkan ada 1 KK yang dikategorikan miskin ekstrem, ternyata berpenghasilan Rp300 ribu per hari dan tinggal di rumah dua lantai. Memang dari hasil pendataan di 25 KK tersebut, hampir semua adalah buruh dan nelayan, jadi warga ini tidak memiliki penghasilan tetap,” kata dia, saat dihubungi media, Kamis (16/2/2023).

Lebih lanjut, berdasarkan keterangan yang dilampirkan oleh Nova, masyarakat yang dikategorikan miskin ekstrem dapat membiayai kebutuhan sehari-hari, seperti biaya listrik dan makan. Bhakan ada 3 KK yang mampu berlangganan WiFi sebesar Rp250 ribu per bulan.

Nova pun mendesak agar BPS DKI segera melakukan pemutakhiran data dan menyamakan persepsi data kemiskinan dengan Kemensos, Pemprov DKI Jakarta, Dukcapil, dan Lainnya.

“Saya rasa BPS perlu menyamakan persepsi data dengan Pemprov DKI Jakarta, Kemensos, Dukcapil, dan lainnya, tentang data kemiskinan di Jakarta. Karena data dari BPS akan dipakai untuk memetakkan isu global tentang kemiskinan, bahkan menentukan arah kebijakan pemerintah,” tandasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:49
02:12
02:08
01:01
19:40
00:44
Viral