Truk tengah mengantri BBM di di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ABM Brother.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rasman Abdul Rahman

BBM Langka Bikin Macet! Antrian Mengular Hingga ke Badan Jalan Jalur Trans Sulawesi

Rabu, 13 Oktober 2021 - 20:03 WIB

Polewali Mandar-Sulawesi Barat – Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar dan pertalite disejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) disepanjang jalur Trans Sulawesi Kabupaten Polewali Mandar, masih terus terjadi. Akibatnya antrian kendaraan roda dua maupun roda empat diarea SPBU pun tidak terhindarkan.

Seperti yang terpantau di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum ABM Brother yang terletak dijalur Trans Sulawesi, Kecamatan Wonomulyo, pada rabu (13/10) ratusan kendaraan roda empat khususnya truk ekspedisi lintas provinsi yang hendak mengisi bahan bakar solar memadati area SPBU bahkan hingga kejalan raya. Kondisi ini membuat jalur Trans Sulawesi disekitar area SPBU tersendat lantaran setengah badan jalan digunakan truk untuk mengantri BBM.

Adi, salah seorang supir truk ekspedisi tujuan Manado Sulawesi Utara mengaku, kelangkaan Bahan Bakar jenis solar terjadi mulai dari wilayah Provinsi Sulawesi Selatan Hingga Sulawesi Barat. Akibatnya waktu tempuh Makassar-Manado yang biasanya hanya empat hari kini terpaksa molor hingga satu minggu lantaran para supir harus mengantri di SPBU untuk mendapatkan solar.

“Biasanya perjalanan Makassar-Manado ditempuh hanya empat hari perjalanan, namun sejak BBM jenis solar langka dan sulit didapat, perjalanan molor hingga satu minggu. Kami para supir juga merugi lantaran harus mengeluarkan biaya yang lebih besar mulai dari biaya makan dan penginapan dijalan” ungkap Adi

Ismail, pengawas SPBU Wonomulyo membantah jika terjadi pengurangan jatah dari Pertamina. Setiap hari SPBU mendapatkan jatah 16.000 ton perhari untuk BBM jenis Pertalite dan 16.000 ton untuk BBM jenis Solar, hanya saja memang terjadi keterlambatan pengantaran pasokan dari Depo ke SPBU sehingga saat BBM tiba di SPBU warga langsung menyerbu dan ludes terjual hanya dalam waktu 4 jam saja.

“kami berharap pertamina menambah pasokan untuk BBM jenis pertalite 24.000 ton dan untuk BBM jenis solar juga 24.000 ton sehingga tidak lagi terjadi antrian di SPBU. Saat ini kendaraan terus bertambah sementera pasokan BBM ke SPBU tidak adan penambahan jadi jatah tidak lagi cukup untuk kendaraan. Ungkap Ismail

Kelangkaan Bahan Bakar Minyak jenis pertalite dan solar di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, sendiri sudah terjadi sejak satu pekan terakhir. Hamper semua SPBU dijalur Trans Sulawesi kehabisan pasokan dan hanya beroperasi selama 4 jam selebihnya tutup lantaran pasokan BBM sudah habis terjual. (Rasman Abdul Rahman/mii)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral