Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami PVMBG, Supartoyo, menunjukkan peta gempa Bali..
Sumber :
  • tim tvOne - Asep barbara

PVMBG Sebut Pergerakan Sesar Bali Picu Gempa Karang Asem dan Bangli

Minggu, 17 Oktober 2021 - 11:44 WIB

Bandung, Jawa Barat - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyebut gempa bumi yang terjadi di Bangli dan Karang Asem, Bali, pada Sabtu (16/10/2021) kemarin, dipicu pergerakan sesar aktif di sepanjang Pulau Bali. Selain itu batuan di sepanjang kawasan Gunung Agung bersifat lepas hingga memicu pergerakan tanah. 

Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Supartoyo mengatakan ada beberapa sumber gempa bumi di sekitar pulau Bali. "Bagian Laut Selatan Bali sendiri ada Zona Subduksi, yang berpotensi menyebabkan Gempa Bumi berkekuatan 8 Magnitudo. Sedangkan di bagian utara, terdapat sesar naik Flores, dan bagian timur Bali terdapat patahan mendatar Bali-Lombok," kata dia. 

Selain sumber gempa bumi tersebut, di Pulau Bali juga terdapat sesar aktif yang menjulang di seluruh Pulau Bali. diduga, gempa bumi yang terjadi di Bangli dan Karang Asem kemarin di picu adanya pergerakn sesar aktif. 

Disamping itu, banyak nya batuan yang bersifat lepas di sekitar Gunung Agung memicu pergerakan tanah. Namun demikian, gempa tektonik tidak memicu aktivitas Vulkanologi Gunung Agung. 

Tim PVMBG rencananya akan mengirim tim ke lokasi bencana untuk mengamati sesar aktif yang ada di Pulau Bali. selain itu, masyarakat juga diimbau agar tetap waspada dengan gempa bumi susulan. (Asep barbara/ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral