Gubernur Bank Indonesia, Perry Warrjiyo, saat memimpin Konferensi Pers "Hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) di Gedung Bank Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023)..
Sumber :
  • Julio Trisaputra/tvOnenews.com

Tiga Bank Amerika Serikat Kolaps, Gubernur Bank Indonesia Akhirnya Angkat Bicara

Kamis, 16 Maret 2023 - 19:23 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan pihaknya di Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) langsung bergerak untuk melakukan asesmen usai kasus tiga bank Amerika Serikat mengalami kolaps.

Lebih lanjut, Perry pun menuturkan ada hal yang dapat dipelajari perbankan Indonesia dari kasus kolapsnya Silicon Valley Bank (SVB), Signature Bank, dan Silvergate Capital.

“Kasus 3 bank ini menunjukan model bisnis bank ini memang tidak stabil dan sangat rentan, karena deposit funding terkonsentrasi pada deposan yang besar. Kemudian di dalam klaster yang sama, yaitu berkaitan dengan startup maupun fintek perusahaan,” jelas dia, saat konferensi pers, di Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (16/3/2023).

Kerugian yang dialami oleh ketiga bank ini merupakan kerugian modal. 

Terutama SVB menambah modal Initial Public Offering (IPO) tanpa konsen.

“Begitu IPO muncul ada apa di bank ini, IPO-nya gagal kemudian menjadi rumor di para deposan, deposan yang terkonsentrasi cepat menarik dananya dan terjadi bank run,” kata dia.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral