Presiden Joko Widodo.
Sumber :
  • BPMI Setpres

Komnas HAM Minta Jokowi Hapus Hukuman Pidana kepada Budi Pego Aktivis Lingkungan

Minggu, 26 Maret 2023 - 17:50 WIB

Jakarta, tvonenews.com - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan mengirimkan surat kepada Presiden RI Joko Widodo terkait permintaan amnesti alias penghapusan hukuman pidana kepada Heru Budiawan alias Budi Pego.

Sebagai informasi, Budi Pego merupakan aktivis lingkungan yang menolak keberadaan tambang emas Gunung Tumpang Pitu di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi yang dikelola oleh PT. Bumi Suksesindo (BSI).

Komisioner Pengaduan Komnas HAM, Hari Kurniawan mengatakan, pihaknya akan mengawal kasus ini dan berupaya untuk menjamin hak dan keadilan Budi Pego.

Untuk memperjuangkan keadilan bagi Budi Pego, Hari mengatakan pihaknya akan menyurati Presiden Jokowi untuk mendorong memberikan amnesti kepada Budi.

Atas kasus yang dialami Budi, Komnas HAM menyatakan sikap akan meminta kepada Presiden untuk memberikan amnesti kepada Heri Budiawan alias Budi
Pego dalam kasus Tolak Tambang Emas Tumpang Pitu.

"Komnas HAM berkirim surat secara resmi Kepada Presiden terkait mendorong pemberian amnesti kepada kasus Budi Pego dan itu akan segera kita lakukan," ucap Hari saat konferensi pers virtual, Minggu (26/3/2023).

Dia menjelaskan, bahwa Budi merupakan aktivis yang peduli dengan lingkungan dan masyarakat sekitar di daerahnya.
Oleh karena itu Budi disebut sebagai pembela HAM. Sebab, ia memperjuangkan hak lingkungan yang nyaman bagi masyarakat lokal dengan menolak operasional perusahaan tambang emas.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral