Plt Menteri Pemuda dan Olahraga, Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rika Pangesti

Plt Menpora Harap Piala Dunia U-20 Tetap Digelar di Indonesia: Olahraga Jangan Dikaitkan dengan Politik

Rabu, 29 Maret 2023 - 22:22 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pelaksana Tugas Menteri Pemuda dan Olahraga (Plt Menpora), Muhadjir Effendy menegaskan bahwa perihal olahraga terkhusus sepak bola jangan dikaitkan dengan masalah politik.

"Untuk bola, Pak Presiden sudah memberikan pernyataan, saya kira sudah sangat dan tegas itu, intinya bahwa sepak bola ini, olahraga ini jangan dikait-kaitkan dengan masalah lain, terutama masalah politik," ungkap Muhadjir saat ditemui di kantornya, Rabu (29/3/2023).

Dia menjelaskan, bahwa terkait keikutsertaan Timnas Israel untuk bertandang ke Indonesia merupakan sudah aturan dari Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA. Dia menyebut, FIFA yang mengatur terkait peserta dan segala urusan piala dunia.

"Namanya FIFA, organisasi FIFA itu punya regulasi dan aturan sendiri, dan sifatnya superordinat atas negara-negara dimana olahraga itu dihelat atas persetujuan FIFA, termasuk di Indonesia," jelas dia.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo telah memberikan penegasan terkait komitmen Indonesia terhadap perjuangan bangsa Palestina tidak akan pernah berubah.

"Sehingga jangan dikait-kaitkan dengan kehadiran Timnas Israel dengan komitmen Pemerintah Indonesia," kata dia.

Muhadjir menambahkan, Pemerintah Indonesia akan tetap menjaga konstitusi, terutama yang berkaitan dengan hubungan luar negeri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:14
04:24
04:36
09:59
01:57
01:51
Viral