Sejumlah kapal nelayan di sepanjang pantai Majene, Sulawesi Barat, terlihat tak melaut.
Sumber :
  • Tim tvOne/Rasman Abdul Rahman

Tolong Pak Jokowi, Solar di Majene Langka Nelayan Menganggur

Kamis, 21 Oktober 2021 - 16:29 WIB

Majene, Sulawesi Barat – Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Nelayan (SPBUN) yang terjadi sejak dua pekan terakhir, mengakibatkan ratusan nelayan yang bermukim di sepanjang pantai Majene, Sulawesi Barat terpaksa tidak melaut 

Menurut Sadri (58) Nelayan Majene, ia dan nelayan yang lain mulai kesulitan mendapatkan solar di SPBU Nelayan yang ada. Sekalinya ada, mereka harus menunggu satu minggu kemudian.

"SPBU nelayan yang kami andalkan selama ini untuk mengambil solar sepertinya tidak lagi beroperasi secara normal, karena sepertinya pengisian di SPBU Nelayan hanya sekali dalam satu minggu, sementara pengguna solar hampir setiap jam," jelas Sadri, Kamis  (21/10/2021) saat ditemui di pinggir laut bersama rekan satu profesinya.

Padahal, lanjut Sadri, nelayan pencari ikan yang biasa beroperasi sekitar 17 mil di laut hanya membutuhkan solar sekitar 20 liter per hari.

Lebih lanjut Sadri mengatakan, sekalinya SPBUN buka dan stok solar tersedia akan habis kurang dari satu hari.

"Kadang jika ada pengisian di SPBU Nelayan tidak sampai sehari sudah habis, karena sepertinya permintaan konsumen dan ketersediaan solar di SPBU Nelayan tidak seimbang, mau tidak mau terpaksa ada sebagian besar yang tidak mendapat solar dan harus bersabar karena tidak bisa melaut," kata Sadri.

Biasanya, jika solar tak didapatlan di SPBUN nelayan mencari solar ke pengencer dan tentu saja harganya lebih tinggi dari solar yang mereka beli di SPBUN.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral