Puluhan Warga Sukabumi mengungsi akibat tanah bergerak.
Sumber :
  • tim tvOne - Rizki Gustana

Puluhan Warga di Sukabumi Mengungsi Akibat Tanah Bergerak

Jumat, 22 Oktober 2021 - 16:12 WIB

Sukabumi, Jawa Barat - Bencana tanah bergerak  kembali terjadi di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Puluhan warga Kampung Cigulusur, Desa Margaluyu, Kecamatan Purabaya terpaksa mengungsi akibat pergerakan tanah tersebut.

Dari pantauan di lokasi terlihat warga  mengevakuasi barang-barang milik mereka. Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) BPBD Kabupaten Sukabumi yang berada di lokasi turut membantu  proses evakuasi sekaligus memonitor meluasnya retakan tanah tersebut. 

"Jumlah warga yang terdampak langsung retakan sebanyak 7 KK berjumlah 22 jiwa. BPBD sendiri saat ini telah memasang tenda darurat karena rumah-rumah yang ditinggalkan warga tidak mungkin bisa dihuni lagi," kata Medi Abdul Hakim, Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, 

Medi menambahkan, warga juga masih merasakan getaran-getaran yang terasa di lokasi. Getaran itu diiringi suara gerakan air dari dalam tanah. 

"Kalau dentuman tidak ada tapi kalau suara retakan dari bawah menurut warga tadi ada. Namun waktu saya cek lokasi alhamdulillah belum merasakan langsung. Menurut warga melaporkan ada suara ngorosak cai, mungkin ada pergerakan air dibawah," beber Medi.

Sementara itu menurut Yanto, warga Kamupung Cigalusur, ia menuturkan bahwa saat ini terkadang warga masih merasakan getaran didalam tanah. Namun setelah beberapa jam tidak terasa lagi.

"Masih terasa pergerakan tanah, tapi kadang-kadang, getaran kemudian berapa jam tidak ada lagi, sesekali warga mendengar suara tanah retak diiringi gemuruh seperti suara air. Yanto menduga ada pergerakan air yang menggerus dari dalam tanah", pungkasnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
25:54
04:20
02:33
00:52
02:08
02:13
Viral