Kenduri Syukuran Kalpataru.
Sumber :
  • Santos

Terima Kalpataru, Warga Mangunan Yogyakarta Gelar Kenduri Syukuran

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 01:36 WIB

Bantul, Yogyakarta- Perintis dan pengelola kawasan wisata hutan pinus Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta yang juga ketua Koperasi Natawana Purwo Harsono belum lama ini menerima penghargaan Kalpataru 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) . Menyambut keberhasilan ini warga pelaku wisata kawasan wisata hutan pinus Mangunan menggelar tradisi Kirab dan Kenduri Mertiwono

  Keberhasilan Ketua Koperasi Notowono meraih penghargaan dalam kategori Perintis Lingkungan ini dirayakan bersamaan dengan acara tradisi tahunan Kirab dan Kenduri Mertiwana pada Jumat (22/10) sore.

“Penghargaan ini saya terima langsung di Kementerian KLH pada Kamis (14/10) minggu lalu. Saya dinilai berhasil dalam pengembangan hutan dari sisi ekonomi berbasis pemberdayaan masyarakat, pemeliharaan hutan dan fungsi sosial,” ungkap Purwo Harsono yang akrab dipanggil Ipung. 

Lebih lanjut dikatakan bahwa semula dirinya enggan diajukan sebagai nominasi penerima Kalpataru karena konsekuensinya yang berat. Sebab baginya, apa yang dilakukan sejak 2014 lalu dengan mendampingi masyarakat dalam memanfaatkan hutan bukan untuk lomba namun untuk kesejahteraan bersama.

"Penghargaan Kalpataru 2021 ini bukanlah prestasi saya semata. Tetapi ini berkat kerja keras semua pihak yang selama ini di kawasan wisata hutan pinus termasuk petani hutan," terang Ipung.

Ipung menambahkan bermula dari destinasi wisata Kaki Langit, perlahan-lahan Desa Mangunan bangkit ekonominya dengan kehadiran berbagai obyek wisata berbasis Hutan Pinus dan pemandangan alamnya hingga sekarang. Lima objek wisata yang berkembang saat ini menjadi andalan Pemkab Bantul.

"Kawasan hutan pinus Mangunan dikembangkan pertama kali pada tahun akhir 2014, yakni di kawasan destinasi wisata Kaki Langit," katanya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral