Sri, seorang guru honorer di Ngawi Jawa Timur sedang mengajar murid-muridnya di SDN 4 Pandean..
Sumber :
  • tvOne/Miftakhul Erfan

Miris, 14 Tahun Jadi Guru Honorer Bergaji Rp300 Ribu per Bulan

Sabtu, 23 Oktober 2021 - 17:11 WIB

Ngawi - Sri Hartuti (42) warga Dusun Suren, Desa Pandean, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur merupakan seorang guru honorer di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Pandean. Meski dari tangan Sri bisa melahirkan putra putri bangsa yang cerdas, namun kehidupannya sehari-hari justru jauh dari layak.

Sri tinggal di sebuah rumah reot yang terbuat dari anyaman bambu bersama suami dan ketiga anaknya yang masih kecil. Bahkan yang lebih memprihatinkan, rumah mereka masih menumpang di lahan milik Perhutani. Rumah bambu tersebut berdiri satu atap dengan kandang kambing peliharaan mereka.

Setiap hari, sri dan keluarga terbiasa mencium bau kambing peliharaannya. Tak hanya itu, mereka juga selalu diliputi rasa khawatir apabila terjadi hujan deras maupun angin kencang.

"Yang paling dikhawatirkan itu kalau pas hujan angin mas, terpaksa ini atasnya tempat tidur dikasih terpal biar tidak kena air hujan, kasihan anak-anak," ujar Sri.

Sri dan suami berkeinginan kuat untuk dapat hidup mandiri tanpa bantuan orang tua. Walaupun Sri hanya mendapatkan honor dari mengajar sebesar Rp300 ribu per bulan, mereka mampu menjalani hidup di rumah ini selama 4 tahun terakhir.

"Mengajar dari tahun 2007 sampai sekarang, awalnya saya hanya ingin mengabdi mengajar anak-anak meskipun tak digaji tak apa. Setahun kemudian perbulan dapat 50 ribu, 100 ribu hingga sekarang Alhamdulilah dapat 300 ribu perbulan. Kalau untuk kebutuhan hidup ya gak cukup tapi bapaknya kan kerja serabutan bisa untuk makan," terang Sri di sela-sela aktivitasnya memasak Sabtu (23/10/2021).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
04:18
06:43
Viral