Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono.
Sumber :
  • IST

Apa Arti Siaga Tempur, Operasi Lawan KKB Papua yang Dicanangkan Panglima TNI

Rabu, 19 April 2023 - 04:33 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - TNI meningkatkan operasi militer dari pendekatan halus (soft approach) menjadi operasi siaga tempur di beberapa daerah yang dianggap rawan aksi teror kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Apa arti operasi siaga tempur?

Siaga tempur adalah status operasi militer yang menuntut seorang prajurit untuk waspada atas ancaman serangan musuh.

"Dalam konteks AL biasa dikenal dengan istilah warning white atau status aman, begitu mendekati mandala perang naik menjadi warning yellow di mana 1/2 ABK sudah dalam posisi siaga perang, tetapi begitu masuk mandala perang, status sudah berubah menjadi warning red alias sudah Operasi tempur penuh," jelas pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie, Rabu (19/4/2023).

Connie memperkirakan TNI akan berada pada posisi siaga tempur penuh di Papua dalam waktu dekat.

"Jadi saya membacanya istilah tersebut artinya dalam zona tertentu sudah akan dilakukan operasi warning yellow dan warning red," katanya.

Sementara itu, pengamat intelijen dan pertahanan Ngasiman Djoyonegoro menilai aksi KKB Papua yang menyerang TNI sebagai ultimatum perang.

"Melihat situasi tersebut, penyerangan ini direncanakan oleh KST/ KKB. Dalam konteks pertahanan TNI, itu dapat diartikan sebagai ultimatum perang. Sementara dalam konteks terorisme, maka tindakan penyerangan ini telah menimbulkan rasa tidak aman dan ancaman, katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral