Din Syamsuddin sebut metode rukyat hilal dan sidang isbat habiskan anggaran yang mahal.
Sumber :
  • Abdul Gani Siregar-tvOne

Din Syamsuddin Sebut Metode Rukyat Hilal dan Sidang Isbat Habiskan Anggaran yang Mahal

Jumat, 21 April 2023 - 09:39 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Eks Ketua Muhammadiyah Din Syamsuddin berpendapat memantau hilal menggunakan metode rukyat dan sidang isbat menghabiskan anggaran yang besar.

Hal ini disampaikan oleh Din Syamsuddin usai menjadi khatib salat Idulfitri 1444 Hijriah di halaman Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta Timur, Jumat (21/4/2023).

"Kemarin saya usulkan kalau sudah di bawah imkanur rukyat yang dipatok pemerintah atas dasar Mabims Menag Asia Tenggara 3 derajat, ini di bawah 3 derajat, tidak usah pakai rukyat isbat itu anggarannya mahal," kata dia.

Oleh karena itu, eks Ketua MPR ini pun menyarankan agar berpatokan pada kalender Islam secara universal agar tidak menghabiskan anggaran untuk kegiatan rukyat hilal.

"Tapi kalau dipatok bersifat nasional, regional seperti Mabims ini akan menimbulkan masalah. Apalagi dipatok ada berdasarkan kriteria minimal. Kalau di bawah itu akan berbeda," jelasnya.

Dia pun menyarankan apabila hilal belum mencapai ketinggian 3 derajat, maka dapat menempuh dengan pendekatan istikmal atau pendekatan Ramadhan selama 30 hari.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral