ilustrasi ruang isolasi pasien COVID-19 RSUD Soewondo, Pati..
Sumber :
  • tim tvOne

Sebanyak 143 nakes RSUD Soewondo Pati terpapar COVID-19

Minggu, 13 Juni 2021 - 10:32 WIB

Pati, 13/6 - Sebanyak 143 tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soewondo Pati, Jawa Tengah, terpapar COVID-19. Saat ini sebagian besar tenaga kesehatan yang yang terpapar COVID-19 menjalani isolasi mandiri di rumah karena masuk dalam orang tanpa gejala (OTG).

"Secara total kami hitung jumlahnya ada 143 orang. Ada yang sudah sembuh, ada pula yang sakit baru," kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD Dokter Soewondo, Joko Subiyono.

Saat ini sebagian besar tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 menjalani isolasi mandiri di rumah karena masuk dalam orang tanpa gejala.

Ia mengatakan, setelah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sembuh, tenaga kesehatan itu akan kembali bekerja. "Setelah hari ke-15, kan memang diizinkan masuk, itu sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun kalau masih ada gejala, tetap tidak boleh masuk," jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya curiga tenaga kesehatan yang terpapar COVID-19 merupakan imbas dari libur lebaran karena waktunya hampir bersamaan. "Saya curiganya akibat pesta dari Idul fitri. Karena itu kan (terpaparnya) pada pekan ketiga, keempat. Masa inkubasinya memang berada di pekan itu," paparnya. 
 
Meski banyak tenaga kesehatan yang terpapar COIVD-19, namun ia memastikan layanan RSUD Dokter Soewondo tidak akan terganggu. Ia akan berkoordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Pati untuk memobilisasi tenaga kesehatan dari Puskesmas yang ada di sejumlah kecamatan untuk membantu pelayanan di RSUD Dokter Soewondo.

Sebelumnya, puluhan tenaga kesehatan yang ada di sejumlah puskesmas dan klinik di Pati, terpapar COVID-19. Selain itu, 12 tenaga kesehatan Rumah Sakit Kasih Pati dan 13 tenaga kesehatan Rumah Sakit Mitra Bangsa juga terpapar COVID-19. (ito)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral