Luhut Pandjaitan dan Rocky Gerung.
Sumber :
  • Kolase tim tvonenews.com

Luhut Binsar Pandjaitan Gagal Negosiasi Bunga Utang Kereta Cepat? Rocky Gerung Sampai Ucap Kalimat ini...

Selasa, 25 April 2023 - 15:53 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan gagal melakukan negosiasi dengan China untuk bunga utang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Diketahui, negeri Tirai Bambu itu memasang nilai bunga utang sebesar 4 persen, sedangkan Indonesia berharap bunga utang hanya dipatok 2 persen. Luhut Pandjaitan turun langsung ke China untuk melakukan negosiasi, namun hanya berhasil menemui kesepakatan di 3,4 persen.

Seorang akademisi dan pengamat politik Rocky Gerung memberikan pandangannya tersendiri terkait kegagalan Luhut Binsar Pandjaitan dalam bernegosiasi bunga utang Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Dengan hasil negosiasinya, sang Menko Marves cukup optimis dan menilai Indonesia mampu melunasi utang tersebut. Dilansir dari kanal Youtube pribadinya, Rocky Gerung menyampaikan pandangan tersendiri.

“Ya optimisme tentu ada tuh, dan pak Luhut gak mungkin harus berkecil hati,” kata Rocky Gerung.

Menurutnya, Luhut Binsar Pandjaitan sengaja menyembunyikan rasa kekecewaannya setelah gagal melakukan negosiasi.

“Walaupun sebetulnya sebagai orang yang ngerti sistem utang berhutang dunia, Dia sengaja sembunyikan kecemasan dia tuh karena udah keburu terbuka di pers bahwa China berhasil menekan Indonesia dan Indonesia gak mampu untuk negosiasi balik,” lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
03:14
02:13
03:28
00:58
06:16
Viral