Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Sumber :
  • Humas Polri

Kapolri: Imbauan Penundaan Arus Balik 24-25 April Berdampak Penurunan Kemacetan 13 Persen

Rabu, 26 April 2023 - 02:42 WIB

Cikampek, tvOnenews.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan bahwa kebijakan Pemerintah yang diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menekan jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik Lebaran. 

Setelah diumumkannya kebijakan itu, Sigit menyebut, setidaknya terdapat penurunan sekitar 13 persen jumlah pemudik yang melakukan perjalanan saat prediksi puncak arus balik saat ini. 

"Upaya dari pemerintah dengan mengumumkan untuk menghindari atau memilih untuk tidak  balik mudik di tanggal 24-25 April yang diprediksi menjadi puncak arus balik ini, kita lihat dari hasil rapat bahwa imbauan tersebut cukup berdampak. Karena di perhitungan tadi terjadi penurunan 13 persen, dari angka semula," kata Sigit di Tol Cikampek KM 62, Selasa (25/4/2023) malam. 

Dengan adanya kebijakan itu, Sigit mengatakan, kekhawatiran soal melonjaknya volume kendaraan saat arus balik Lebaran 2023 dapat terhindarkan. Pasalnya, waktu kembali pemudik tidak dilakukan secara berbarengan atau di waktu yang sama. 

"Sehingga puncak arus balik yang tentunya menjadi kekhawatiran kita, karena kalau 203 ribu semuanya turun, tentunya kondisi akan sangat padat, walaupun kita gunakan One Way ataupun rekayasa lain tetap akan terjadi kemacetan," ujar Sigit. 

Lebih dalam, Sigit menegaskan, dengan dikeluarkannya strategi dan upaya Pemerintah terkait arus balik, masyarakat dapat terhindar dari potensi kemacetan yang terjadi. 

"Sehingga pada saat balik ini pun masyarakat betul-betul bisa terlayani dan bisa kita hindarkan terjadinya crowded, kemacetan luar biasa. Yang tentunya akan mengganggu perjalanan masyarakat yang akan balik ke Jakarta," ucap Sigit.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral