mayday ribuan buruh Jatim turun jalan.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

Mayday, Ribuan Buruh Jatim Turun Jalan, Jalur Sidoarjo-Surabaya Lumpuh

Senin, 1 Mei 2023 - 14:50 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Peringatan Hari Buruh Sedunia diperingati ribuan buruh di Jawa Timur dengan melakukan aksi demo turun jalan. Ribuan buruh dari sejumlah daerah industri di Jatim, seperti Sidoarjo, Pasuruan, Gresik, Mojokerto, konvoi bersama menuju Kantor Gubernur Jatim di Surabaya.

Sebagai upaya untuk menarik perhatian warga, ribuan buruh ini tidak jarang berhenti di tengah badan jalan sehingga menyebabkan arus lalu lintas di jalur Sidoarjo-Surabaya lumpuh. Dengan pengawalan ketat dari aparat kepolisian, ribuan buruh ini menuju Kantor Gubernur Jatim di Surabaya secara bersamaan.

Ribuan buruh ini berkumpul di titik kumpul batas kota di kawasan bundaran Waru, untuk kemudian bersama menuju Surabaya. Dalam momen hari buruh tahun ini, buruh menuntut pencabutan undang-undang ketenagakerjaan yang dinilai merugikan buruh. 

Menurut Masud koordinator buruh, para buruh nanti bertemu dengan Gubernur dan Ketua DPRD Jatim akan memberikan sejumlah tuntutannya, diantaranya wujudkan Perda Jatim tentang Sistem Jaminan Pesangon, alokasikan Anggaran dari APBD Jatim untuk iuran BPJS kesehatan rakyat miskin tidak mampu Jawa Timur, terbitkan Pergub Jatim tentang pemberian sanksi administratif bagi pemberi kerja yang belum mendaftarkan karyawannya kepada BPJS Kesehatan dan tindak tegas pengusaha yang tidak membayar THR Keagamaan tahun 2023.

“Nanti berkumpul di Cito untuk bersama-sama ke Tugu Pahlawan dan ke Kantor DPRD Jatim, menyuarakan tuntutan ke Gubernur Jatim dan Ketua DPRD Jatim untuk diteruskan ke pemerintah pusat," tambah Masud.

Meski dalam aksinya buruh konvoi berjalan damai, namun dampak dari aksi demo buruh menyebabkan kemacetan panjang di jalur Sidoarjo-Surabaya. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:09
07:45
14:04
00:47
01:33
01:11
Viral