jelang pancaroba, BPBD gelar kesiapsiagaan ancaman bencana.
Sumber :
  • tim tvone - edi cahyono

Jelang Pancaroba, Delapan Daerah di Jawa Timur sebagai Daerah Rawan Bencana

Kamis, 28 Oktober 2021 - 15:42 WIB

Batu, Jawa Timur - Menjelang pergantian musim atau pancaroba di wilayah Jawa Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memetakan delapan daerah di Jawa Timur sebagai Daerah Rawan Bencana. Secara keseluruhan ada 12 ancaman bencana ditambah lekuifasi di Banyuwangi, Jember dan Lumajang.

Sekretaris BPBD Jawa Timur, Erwin Indra Wijaya mengatakan, saat ini kita sedang memasuki peralihan musim dari kemarau menuju penghujan. Jadi perlu waspada hujan lebat sesuai informasi BMKG akan terjadi pada akhir Oktober hingga awal Januari. Semua daerah di Jawa Timur memiliki potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

"Di Jawa Timur ada delapan daerah yang paling rawan terjadi banjir, banjir longsor dan banjir bandang. Kota Batu juga termasuk, khususnya di wilayah Kecamatan Bumiaji, menjadi prioritas dalam upaya penanganan jika terjadi bencana,” terang Erwin.

Erwin juga menambahkan ancaman banjir di wilayah Jawa Timur hampir merata. Contohnya di Ngawi, Madiun, Trenggalek, Tulungagung, Pasuruan, Probolinggo. Adapula potensi wilayah longsor dan banjir.

"Untuk masyarakat karena bencana ini merupakan urusan bersama, maka untuk mengurangi bencana unsur pentahelix harus benar-benar diperkuat," ungkap Sekretaris BPBD Jawa Timur itu.

Menurut Erwin masyarakat adalah komponen utama dalam hal penyelamatan bencana. Kesiapsiagaan masyarakat harus diperhatikan dan harus paham potensi bencana apa yang ada di sekitarnya. Jika masyarakat sudah paham potensinya, masyarakat juga harus mengetahui startegi apa yang perlu dipersiapkan. (Edi Cahyono/hen)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
08:21
03:43
06:21
13:18
01:24
Viral