Isu Green Company Kian Santer, Pemenang IGSCA Wujudkan Green dan Sustainable.
Sumber :
  • Istimewa

Isu Green Company Kian Santer, Pemenang IGSCA Wujudkan Green dan Sustainable

Jumat, 12 Mei 2023 - 11:37 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Isu green company kian santer didengungkan di tengah kesibukan operasional industri yang menghadapi perubahan iklim (climate change). Perusahaan-perusahaan dituntut peduli terhadap keseimbangan lingkungan dan tidak melulu profit oriented.

Agar perusahaan-perusahaan menjadi green company, harus memiliki kesadaran menjalankan perusahaan sesuai pilar-pilar Sustainable Development Goals (SDGs) dan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasionalnya.

Dorongan green company tidak hanya mencuat di lingkup bisnis global, seperti tekanan pengurangan emisi, isu ekonomi sirkular, pemanfaatan energi terbarukan, clean technologies, waste management improvement, tapi juga lingkup  bisnis dalam negeri. Baik mitra bisnis, investor atau stakeholders mendesak perusahaan-perusahaan menjalankan prinsip strategi bisnis berkelanjutan. 

Hal itu tercermin dari aturan perusahaan-perusahaan yang listed company di Bursa Efek Indonesia, perbankan atau ataupun perusahaan jasa keuangan, yang diwajibkan menerbitkan laporan tahunan, umumnya berisi seputar pencapaian kinerja bisnis dan laporan keberlanjutan (sustainable report) berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 51 Tahun 2017.

Untuk mendorong hal itu, SWA rutin mengadakan gelaran pemilihan perusahaan-perusahaan green company dalam ajang penjurian Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA) 2023. 

Tahun ini mengangkat tema ‘Indonesia Green & Sustainable Companies’ dengan pertimbangan memacu perusahaan-perusahaan  dalam mengembangkan jalur growth dan green secara bersama-sama.

“Kami meyakini green company adalah keharusan. Sebagai bagian dari apresiasi terhadap ikhtiar perusahaan untuk menjadi green company, bersama sejumlah pegiat lingkungan. Diadakan ajang penjurian untuk melihat sejauh mana implementasi prinsip-prinsip green business diterapkan."

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral