penyerahan Piagam dan plakat penghargaan dari Kemenkeu RI paca Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar P,.
Sumber :
  • Tim tvOne/Edi Cahyono

Wow ! Kota Batu Peroleh Enam Kali WTP

Sabtu, 30 Oktober 2021 - 14:23 WIB

Batu, Jawa Timur – Kota Batu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan selama enam kali berturut-turut. Atas prestasi ini, Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada kepala Daerah masing masing.

"Kota Batu meraih WTP enam kali, dan berturut-turut, mendapatkan penghargaan predikat tertinggi," ujar Dewanti Rumpoko,Walikota Batu.

Piagam dan plakat penghargaan dari Kementrian Keuangan RI tersebut, diberikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Wali Kota Batu Hj Dewanti Rumpoko, di Hotel Kokoon, Banyuwangi.

Walikota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, ada empat indikator yang menjadi penentu kementrian atau lembaga dan pemerintah daerah mendapatkan WTP.

"Yang pertama adalah laporan keuangan harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan, kedua mengenai kelengkapan bukti yang memadai, ketiga Pengendalian intern harus baik, dan yang keempat penyusunan harus sesuai undang-undang,"jelas Dewanti, Sabtu (30/10/2021).

Meski demikian ,Dewanti Rumpoko  menyampaikan bahwa pihaknya sempat mengalami kesulitan dalam penyusunan laporan keuangan pada 2020. 

"Di tengah pandemi Covid-19, penerimaan daerah dan negara berkurang, DAU diturunkan, DAK banyak batal, DBH juga diturunkan dan masih piutang, begitu juga PAD yang berkurang," kata Dewanti. Namun, hal tersebut tidak menjadi penghalang, dan Kota Batu tetap dapat meraih penghargaan opini WTP.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral